Yuk, Kenalan dengan Penerima Penghargaan Nobel Kimia 2021

Penerima penghargaan nobel untuk bidang kimia pada tahun 2021 jatuh kepada Benjamin List dan David W.C Macmillan“For The Development of Asymmetric Organocatalyst”

Katalis sangat penting dalam reaksi kimia. Katalis dapat mengontrol dan mempercepat reaksi kimia tanpa menjadi bagian dari produk final. Selama bertahun-tahun, dipercaya bahwa hanya ada 2 tipe katalis, yaitu logam dan enzim. Benjamin List dan David Macmillan berhasil mengembangkan tipe yang lain, yaitu organokatalis asimetris.

Katalis organik memiliki kerangka atom yang stabil sehingga gugus kimia yang lebih aktif dapat menempel disana. Umumnya akan terdapat unsur seperti nitrogen, oksigen, sulfur, dan fosfor. Hal ini membuat katalis organik lebih murah dan lebih ramah lingkungan.

Katalis organik telah mengalami perkembangan yang cepat sejak keduanya berhasil mengembangkan asymmetric organocatalysis di tahun 2000. Penemuan mereka memiliki dampak yang besar pada bidang farmasi. Hal ini dikarenakan ketika molekul dibuat, dapat terjadi situasi dimana kedua molekul menjadi “cermin” untuk satu sama lain (disebut juga dengan enantiomer). Di bidang farmasi, umumnya hanya menginginkan 1 jenis stereoisomer dari pasangan tersebut. Dengan adanya penemuan ini, para peneliti kini dapat lebih efisien membentuk molekul baru untuk bidang farmasi bahkan membentuk molekul yang dapat menangkap cahaya matahari di sel surya.

Ketika ditelpon untuk mengumumkan pemenang nobel, Benjamin List ternyata sedang di kafe bersama istrinya, Dr. Sabine List, lho! Benjamin List juga mengatakan bahwa beliau senang mendapat telpon ketika bersama istrinya yang menemaninya selama bertahun-tahun. 

Kutipan:

We (synthetic chemist) really think all molecules have certain beauty to them, and then making them is like creating something beautiful” Benjamin List.

Berbeda dengan Benjamin List yang terdengar antusias saat ditelpon, David Macmillan ternyata menjawab telepon dengan lebih santai, nih! Ternyata karena banyak rekan kerja yang usil, beliau mengira ini hanya prank 😀 Bahkan beliau bertaruh 1000 dollar dengan Benjamin bahwa itu hanya prank, ga tau deh beliau lagi bercanda atau apa. Eitts, beliau akhirnya percaya kok, dan mengaku sangat bahagia walau kehilangan 1000 dollar.

Kutipan:

There’s always parts of knowledge which are overstated or are underappreciated too so there’s definitely things that people believe would never work that have a fantastic chance of getting there” David Macmillan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *