Timah Putih

Pernahkah kalian mendengar Timah Putih? Sebenarnya Timah Putih itu apa sih? Terus apa saja sih pemanfaatan Timah Putih dalam kehidupan kita sehari-hari? Daripada menerka – nerka, mari kita gali bersama-sama apa itu Timah Putih.

Timah merupakan unsur kimia dengan nomor atom 50 dan memiliki massa molekul relatif sebesar 118,71. Unsur Timah melimpah di permukaan bumi dalam bentuk mineral yang dikenal dengan nama cassiterite, dimana mineral ini sering dijumpai di sungai atau dasar sungai. Kasiterit dibakar bersama karbon untuk menghasilkan timah murni yang dapat digunakan sebagai berbagai produk. Salah satu alotrop timah yang paling dikenal adalah timah putih.

Ciri-ciri dari timah putih yaitu berwarna putih berkilau seperti logam perak, sangat tahan untuk beberapa akibat korosi kecuali air laut murni serta larutan alkali, tidak mempunyai daya magnetik, sangat tahan terhadap korosi; kecuali air murni serta larutan alkali, tidak berat, lunak, awet serta sulit terbakar, dan dapat menjadi logam murni dan mempunyai harga yang tidak murah sebab mampu tahan lebih lama serta tidak sulit untuk dirawat.

Timah putih memiliki sejumlah manfaat yang besar dalam kehidupan sehari – hari. Pemanfaatan Timah Putih adalah sebagai lapisan produk baja, penyambung logam dengan solder, komponen logam ringan, magnet konduksi, sensor gas dalam industri keramik, bahan kemasan, pelapis kaleng, dan masih banyak lagi. Namun, salah satu pemanfaatan Timah Putih yang paling dikenal dalam bidang industri adalah sebagai bahan baku pembuatan cat.

Meskipun begitu, pemanfaatan Timah Putih seringkali disalahgunakan sehingga menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup parah. Salah satu penyalahgunaan Timah Putih terjadi pada abad ke-16 di Inggris oleh Ratu Elizabeth I. Di era kepemimpinan Ratu Elizabeth I, kulit putih menjadi standar kecantikan dan reputasi bagi perempuan. Selain dapat membuat perempuan terlihat lebih berkelas, kulit putih juga dianggap sebagai lambang usia muda dan kesuburan. Tak hanya itu, kulit putih juga menunjukkan status sosial seseorang. Oleh karena itu, Ratu Elizabeth I menggunakan bahan Venetian Ceruse yang merupakan campuran dari timah putih dan cuka untuk memutihkan wajah dan lehernya. Akibatnya, kulit Ratu Elizabeth I menjadi lebih cepat rusak dan menua, serta rambutnya kerap mengalami kerontokan.

Tidak hanya itu, timah putih juga memiliki sejumlah dampak negatif bagi kesehatan seperti mengakibatkan masalah pernapasan, sakit kepala, gangguan pencernaan, penyakit mata, munculnya penyakit kulit, gangguan diuretik, kanker, disfungsi otak, gangguan hati, gangguan kromosom, serta untuk anak- anak kecil dapat memiliki perasaan tertekan.

Nah bagaimana sobat KanKan, apakah kalian sudah tahu tentang Timah Putih? Dibalik segudang manfaat yang dimiliki, Timah Putih juga sangat berbahaya, lho. Wah, ternyata zat kimia sangat berbahaya bagi kehidupan ya jika kita salah menggunakannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *