Dmitri Ivanovich Mendeleev, Penemu Tabel Periodik Unsur

Bagi siswa SMA dengan peminatan IPA dan mahasiswa yang bergelut di bidang sains pasti sudah tidak asing lagi dengan tabel periodik unsur. Akan tetapi apakah kita mengetahui siapa penemu tabel periodik unsur? Bagaimana cara dia menemukannya? Serta mengapa dia menciptakan tabel periodik unsur? Nah, kali ini KanKan akan membahas tentang sejarah penemuan tabel periodik unsur. Yuk, langsung disimak aja penjelasan berikut ini.

Saat ini, kita mempunyai “kamus” tentang unsur-unsur di alam yaitu tabel periodik unsur dan kita berusaha untuk menghafalkan tabel periodik unsur supaya memahami tren sifat dari unsur-unsur yang ada di alam. Akan tetapi, sebelum tahun 1869, belum ada suatu “kamus” untuk semua unsur di alam. Setiap ilmuwan membuat simbol dan akronim yang berbeda-beda untuk setiap unsur sehingga tidak ada suatu keseragaman dalam pengelompokkan unsur-unsur tersebut. Hal ini menyebabkan sebagian besar pelajar di bidang sains kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan karena tidak suatu sistem yang mengorganisir unsur-unsur tersebut.

Akan tetapi, Dmitri Ivanovich Mendeleev dapat menemukan suatu sistem untuk mengelompokkan unsur-unsur yang terdapat di alam, yang kita kenal dengan sebutan tabel periodik unsur. Mendeleev merupakan seorang penggemar permainan kartu soliter sehingga dia juga membuat 63 kartu untuk 63 unsur yang telah diketahui pada saat itu. Pada 63 kartu unsurnya, dia juga mencantumkan massa atom dan sifat-sifat dari atom tersebut. Suatu hari, 17 Februari 1869, saat Mendeleev sedang menyusun 63 kartu unsurnya, dia menyadari suatu pola yang terjadi secara periodik ketika dia menyusun kartu-kartu unsurnya berdasarkan kenaikkan massa atom. Dengan cara tersebut, Mendeleev dapat mengelompokkan unsur-unsur tersebut berdasarkan karakteristiknya. Selain itu, Mendeleev juga memprediksi massa atom dan karakteristik unsur-unsur yang ada di alam tetapi belum ditemukan pada saat itu. 

Awalnya, gagasan tabel periodik unsur tidak diterima oleh para ilmuwan saat itu. Sampai akhirnya ditemukan unsur galium oleh De Boisbaudran. Unsur galium sendiri telah diprediksi keberadaannya di alam oleh Mendeleev sebelum galium ditemukan. Mendeleev menamai unsur galium dengan eka-aluminium karena letaknya satu tingkat di bawah aluminium. Mendeleev juga sudah memprediksi massa atom dan sifat-sifat dari galium, serta prediksinya tersebut terbukti benar. Sejak saat itulah, popularitas tabel periodik unsur buatan Mendeleev melambung tinggi dan para ilmuwan akhirnya menerima gagasan yang diajukan Mendeleev.

Dmitri Ivanovich Mendeleev adalah seorang kimiawan rusia yang lahir pada 8 Februari 1834. Semasa hidupnya, Mendeleev aktif dalam kegiatan penelitian dan pengajaran. Dia adalah salah satu pendiri Russian Chemical Society yang kini dikenal dengan Mendeleev Russian Chemical Society. Mendeleev juga aktif menulis dan telah menerbitkan sekitar 400 buku dan artikel. Wah, jumlah fantastis ya, sobat KanKan. Akan tetapi, masih banyak manuskrip yang ditulis oleh Mendeleev, namun belum dipublikasikan. Manuskrip-manuskrip tersebut disimpan di Mendeleev Museum and Archives di St. Petersburg State University.

Nah, sekarang sobat KanKan telah mengetahui penemu tabel periodik unsur. Keren ya sobat KanKan, ternyata dari apa yang kita gemari bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang, bahkan kebermanfaatannya masih dirasakan hingga saat ini. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *