OKTAN

Tips Mengoptimalkan Pembelajaran Masa SMA dari Kak Bayu, Mahasiswa Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Universitas Gadjah Mada

 

“Soal sudah sangat bagus, levelnya menantang. Secara keseluruhan OKTAN ITB sudah dibungkus dengan baik dan kualitasnya mirip OSN” ujar Kak Bayu Kusumo Utomo atau akrab disapa Kak Bayu, seorang mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) 2019.

Ketika di SMA, selain menggeluti bidang akademik Kak Bayu juga ikut klub budaya Jepang dan lomba paduan suara. Selain itu, Kak Bayu juga mengikuti lomba berbasis coba-coba seperti OKTAN ITB dan OSK Kimia. Pertama kali Kak Bayu suka Kimia semenjak kelas 10 karena kakak berkuliah di kimia serta mendapat kesempatan untuk belajar dari guru kimia yang menurut Kak Bayu sangat baik dalam menyampaikan materi. Materinya pun terasa ringan dan mudah dimengerti karena aplikatif.

Menurut Kak Bayu, dengan mengikuti OKTAN ITB bisa mendapatkan gambaran kuliah secara umum karena ada sesi sharing kuliah di Institut Teknologi Bandung. Oleh karena itu, Kak Bayu jadi sangat termotivasi dan tidak sabar segera kuliah sejak masih di bangku SMA. Menurut Kak Bayu, berkompetisi dapat menjadi cara untuk menambah pengalaman siswa. Awalnya, Kak Bayu sendiri merasa takut-takutan mencoba hal baru. Akan tetapi, setelah berkompetisi, perubahan yang dirasakan adalah Kak Bayu lebih berani untuk keluar dari zona nyaman.

Saat ini, Kak Bayu memang tidak mengambil jurusan Kimia di perkuliahan tetapi masih berkaitan dengan Kimia. Di jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian ini, selain belajar mengenai pangan juga belajar hasil pertanian. Menurut Kak Bayu, prospek kerja jurusannya sangat luas, mulai dari akademisi, wirausaha, industri pangan, dan juga industri hasil pertanian. Sangat esensial karena pangan merupakan kebutuhan utama manusia.

Untuk adik-adik, Kak Bayu berpesan agar mencari pengalaman baru sebanyak-banyaknya. Jangan takut gagal. Lebih baik mencoba terlebih dahulu dan berjuang semaksimal mungkin dari pada menyerah sebelum berperang. Cobalah pengalaman yang tidak bisa diperoleh di kelas, baik itu organisasi, komunitas, perlombaan ataupun kegiatan lainnya. Yang penting positif dan mampu dilakukan. Tanpa disadari pasti ada hal bermanfaat untuk diri kita sendiri di masa sekarang ataupun kelak di masa mendatang.

Di tengah pandemi, banyak peluang online yang terbuka. Sebaiknya dicoba semua yang bisa dicoba. Banyak fasilitas online yang bisa dimanfaatkan. Lomba juga banyak yang online dan patut dicoba. Semangat terus dijaga. Jangan menghindar untuk belajar karena sistem berubah. Tetap mengikuti protokol selama pandemi.

Oh iya, bisa jadi salah satu peluang tersebut adalah CRYSTAL (Chemistry Biggest National Competition) 2021 yang diselenggarakan oleh OKTAN ITB 2021 loh! Segera daftarkan tim-mu! Mahasiswa juga boleh ikutan loh di ISOTERM dengan klik disini!

 

Ditulis dan disunting oleh: Fuja Sagita dan Eksternal OKTAN ITB 2021